Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Bor Mini Super Power dari Motor 775

Dalam dunia kreatif DIY, hampir semua benda dapat diolah, dibentuk, maupun dijadikan alat lain yang bermanfaat. Baik itu barang bekas, barang sisa, maupun barang yang sudha tak terpakai. Namun ada kalanya kita membutuhkan barang baru agar alat yang kita buat memiliki performa yang jauh lebih kuat apabila dibandingkan dengan barang bekas. Saya sendiri kadang juga menggunakan barang bari ketika memang dirasa membutuhkan.

membuat sendiri bor mini super power dari motor 775
membuat sendiri bor mini super power dari motor 775
(Gambar: youtube.com/watch?v=cRO8PCm6YwA)

Misalnya saja untuk membuat bor super kuat  dari motor 775 ini, kita akan menggunakan dinamo motor 775 yang baru. Karena jika kita ingin membuat bor mini dengan kekuatan yang besar bila hanya mengandalkan dinamo bekas printer atau terlebih dinamo mainan performanya masih kurang kuat. Sebetulnya jika membuat bor dari dinamo printer kalau hanya untuk melubangi media yang tipis dan biasa seperti PCB tentu sudah cukup.


Namun, bor super power dari motor 775 ini meski sangat kecil, namun kekuatannya mampu melubangi media yang tebal sekalipun seperti papan kayu bahkan juga mampu melubangi lembaran besi yang tidak terlalu tebal. Selain itu, motor 775 memang sangat kuat, powernya bisa mencapai 150watt, tentu in merupakan motor yang sangat laur biasa mengingat ukurannya yang sangat kecil. Oke, langsung ikuti saja tutorial cara membuat bor mini super power dari motor 775 berikut ini.

Bahan dan Alat untuk Membuat Bor Mini Super Power dari Motor 775

  • Motor 775
  • Pipa PVC ukuran 1.5 inc (59mm)
  • Saklar tekan mini
  • Jack DC
  • Aki motor
  • Konentor
  • Solder

Tutorial Cara Membuat Bor Mini Super Power dari Motor 775



Pertama-tama beri lubang pada tutup PVC sesuai dengan ukuran dari lubang as dinamo seperti ini. Ukur dengan betul-betul agar nanti lebih rapi dan tentu saja lebih kuat.


Berikutnya beri lubang pada T sock seperti ini, lubang ini akan menjadi ventilasi dari motor 775.


Beri lubang pada bagian ini untuk menjadi tenpat saklar tekan.


Pasang kepala bor pada as dinamo motor 775 ini.


Solder kabel-kabelnya menggunakan solder.


Terakhir sambungkan sumber dayanya pada aki motor, atau kamu juga bisa menyambungkannya pada power suply 12 volt. 


Sekarang tinggal coba aja untuk melubangi papan kayu yang tebal seperti ini.



Seperti yang telah saya sebutkan di atas, motor 775 ini memiliki power hingga 150 watt, jadi meski memiliki dimensi yang kecil, tetapi kekuatannya bisa disandingkan dengan power tool yang besar. Selain itu, meski memiliki power hingga 150watt, tetapi motor 775 hanya memerlukan tegangan mulai dari 12v sampai 24v sajam keren kan, dengan begini mesin bornya tetep power full meski kecil. Sekian tutorial cara membuat bor mini super power dari motor 775 ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Bor Mini Super Power dari Motor 775

4 Komentar untuk "Cara Membuat Bor Mini Super Power dari Motor 775"

Pipa potongan beli dimana gan? masa beli panjang?

Kebetulan saya biasa pakai pipa sisa pemasangan saat rumah saya ada pengerjaan dulu, kalau kamu mau, kamu bisa coba beli di tukang loak atau tukan pengepul rosokan, kemungkinan ada

SaudaraSReny T, Azas kerja sama dg tutorial bor mini 12 V anda. Yang saya masih ingin tahu tentang catu dayanya, ditutorial ini disebut power suply 12 V, apakah itu adaptor AC to DC? Berapa A/mA yang dibutuhkan? Saya pikir kalau menggunakan aquu harus sedia juga charger aquunya. Terima kasih.

@Unknown (Komen 4/11/2018) betul sekali, menggunakan power suply 12v dengan arus 5 ampere. Kalau mau bisa juga menggunakan charger laptop kebanyakan yakni 19v dan 3.5 ampere.

close
-->