Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri

Pada bulan Desember seperti saat ini, sudah bisa diketahui bahwa musim hujan sedang deras-derasnya. Jika hujan sedang deras-derasnya sudah bisa ditebak yang selalu terjadi dan seolah menjadi langganan di Indonesia adalah listrik padam. Kalau sudah padam bisa repot kan? mau ngapain juga gak bisa. Ketika listrik padam tentu kita butuh penerang sementara, bisa dengan lilin, senter, atau lentera yang dapat dicas ulang seperti yang sedang buming saat ini.


tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri (Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Berbagai macam senter dan lampu emergency saat ini sudah banyak sekali dijual dengan berbagai jenis model dan keperluan penggunaan. Mulai dari Senter SWAT Police yang dapat menyorot hingga jauh sampai lampu lentera rechargable yang dapat juga dimanfaatkan sebagai Power Bank untuk smartphone. Harganya pun bervariasi, rata-rata sudah dapat dijangkau dengan harga yang murah. Namun, kalau kamu seorang yang selalu ingin membuat sesuatu yang keren sendiri, cocok banget, kali ini saya akan berbagai tentang Tutorial Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri.

Senter yang akan kita buat ini menggunakan baterai berjenis 18650 yang dapat dicas ulang, jadi tak perlu khawatir, jika dayanya habis, bisa diisi ulang kembali. Bahan-bahan yang diperlukan pun sebetulnya cukup mudah didapat di toko elektronik terdekat, jadi kamu bisa langsung mempraktikannya di rumah sebelum listrik di rumah kamu benar-benar padam 😀.

Bahan untuk Membuat Senter Super Terang Sendiri

 

  • Sebuah LED Ultrabright yang dapat kamu beli di toko elektronik.
  • Corong pantulan bekas senter besar.
  • Alumuniam pendingin.
  • Pipa PVC 4 inc
  • Baterai 18650 sembilan buah.
  • Saklar.

 Tutorial Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri


Yang pertama adalah memasang LED 19 watt ultrabright pada alumunium pendingin seperti gambar di bawah ini.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Pasang corong pemantul cahaya bekas senter lama seperti gamabar di bawah ini.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Pasang lensa cembung yang kaan berguna sebagai pembias cahaya dari lampu LED Ultrabright.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

 Pasangkan penutup senter bekas lama.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Solder 9 Baterai 18650 secara pararel untuk mendapatkan daya sebesar 36 volt dan susun seperti diagaram di bawah ini.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Terakhir tinggal dirangkai dalam pipa PVC yang telah dicat hitam agar terihat lebih menarik.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)

Pasang juga pegangan agar mudah membawa Senter Super Terang 10.000 Lumens ini.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)
 
Dan hasil dari Tutorial Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri seperti ini.

tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
tutorial Membuat Senter Super Terang 10000 Sendiri
(Gambar: youtube.com/watch?v=oowfFnI4T2o)


Baca juga: Cara Membuat Solder dari USB 5v

Dengan Membuat Senter Super Terang Sendiri ini kamu jadi tak perlu khawatir lagi ketika listrik di rumah kamu sedang padam, karean Senter Super Terang 10.000 Lumens ini mampu menyinari sampai ke tempat yang jauh sekaligus. Demikian Tutorial Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri

13 Komentar untuk "Cara Membuat Senter Super Terang Sendiri"

Mantap,saya sedang cari info membuat lampu senter super terang. Tapi nyari lednya susah.

makasih, sudah membagi pengetahuannya

Terimakasi (^_^)

Banyak kok yang jual, beli saja di toko elektro, namanya "Led 3 watt" harganya hanya 15ribuan.

Sebenarnya lednya 3watt pa 19watt

Maaf lednya 19watt tau 3watt

Bang itu senter nya bisa dikecilkan dikit gak....klo segede gtu dibawa kemana mana pastinya kan susah?

Itu pakai LED 100watt, harganya lumayan kalau beli dalam negri (100rb lebih), beli dari cina aja lumayan murah (^_^)

Bisa banget, itu dibuat gede gitu kan biar lebih meyakinkan aja karena lumensnya mencapai 10000. Kalau mau lebih simpel ya bisa buat dengan panjang hanya 30cm aja misalnya, sesuai dengan kreasi masing-masing deh (^_^)

thank you my brother.. (y)

Gini mas sya dah punya btre18650 4 biji,trus udah punya hvl led 1 wat,q coba pasang dri 1 btre itu ke hvl led 1 wat,nyala sih juga terang banget,dri malem sampe pag tpi syang kenapa bisa panas banget ya,,apa kah hrus dikasih resitor dlu kah,apa kah krna ga di kasih pendingin ,,

Iya mas, memang harus menggunakan aluminium pendingin, bahkan sebetulnya juga harus pakai kipas juga, meksi begitu, nanti lampunya juga akan tetap panas, namun tidak akan sepanas bila tidak menggunakan pendingin dan kipas.

close
-->