Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi USB

Salah satu hal yang menarik dalam dunia kreatifitas adalah bagaimana membuat sesuatu menjadi menarik untuk dilihat dan digunakan. Untuk membuat sesuatu terlihat manarik untuk dilihat, kita harus memberi sedikit hiasan atau sekedar garis penegas. Hiasan ini bisa dari cat, spidol, ataupun alat ukir. Salah satu alat ukir yang menarik adalah pirografi (Pyrografy tool) karena alat ini menggores dengan cara membakar permukaan benda yang diukir.


Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi USB (Gambar: youtube.com/romanursu)

Dipasaran, alat pirografi sudah banyak dijual dengan berbagai macam jenis. Mulai dari yang kualitas bagus dengan harga mahal, sampai kualitas biasa dengan harga yang biasanya juga lebih murah. Kebanyakan alat pirografi yang dijual menggunakan power supply khusus yang bila rusak cukup merepotkan. Kali ini, saya akan berbagi Tutorial Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi dari USB. Sehingga bisa digunakan hanya dengan Power Bank.

Bahan dan Alat Untuk Membuat Sendiri Alat Pirografi USB

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk Membuat Sendiri Alat Pirografi USB adalah sebagai berikut:
  • Dua buah jarum suntik yang sudah dipatahkan dari tabungnya.
  • Kayu seukuran pensil, bisa juga menggunakan pensil.
  • Benang jahit.
  • Kabel.
  • Solder dan tenol.
  • Lem super.
  • Selotip bakar.

Tutorial Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi USB

Patahkan dua jarum suntik dari tabungnya, kemudian ikat pada sebuah kayu kecil seukuran pensil atau sumpit dan ikat lalu lilit dengan benang.

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
(Gambar: youtube.com/romanursu)

Bengkokkan salah satu jarum suntuk sehingga menempel pada jarum suntik lainnya. Ingat, harus menempel satu sama lain. Seperti gambar dibawah ini.

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
(Gambar: youtube.com/romanursu)

Solderkan kabel pada kedua pangkal jarum suntik, kabel ini merupakan kabel warna merah dan hitam dari USB bekas yang sudah tak terpakai. 

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
(Gambar: youtube.com/romanursu)

Lilit kembali sisa pangkal jarum suntik tadi dengan benang hingga menutup sebagian kabel USB tadi. Agar kuat, beri lem super dan bungkus menggunakan selotip bakar.

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
(Gambar: youtube.com/romanursu)

Sekarang tinggal dicoba Alat Pirografi USB Buatan Sendiri ini dengan cara mencolokka USB pada port USB, bisa dari charger smartphone, Power Bank, atau pun laptop. Dan hasilnya seperti di bawah ini.

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
Alat Pirografi USB Buatan Sendiri
(Gambar: youtube.com/romanursu)

Alat Pirografi USB Buatan Sendiri ini bisa digunakan pada media kayu, akrilik dan plastik. Dengan Membuat Sendiri Alat Pirografi USB seperti ini, kamu tidak perlu khawatir seperti saat menggunakan alat Pirografi yang dibeli dari pasaran karena power supplynya sering rusak. Sekian Tutorial Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi dari USB Semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Related : Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi USB

12 Komentar untuk "Cara Membuat Sendiri Alat Pirografi USB"

Min, saya buat kok nggak bisa. Dua kutub apabila disatukan cuma lengket doang tidak ada menimbulkan pemanasan, saya pegang pakai tangan juga tidak panas, bagaimana itu min?
Mohon penjelasannya, terimakasih.

Untuk kepala kabel nya, dari bekas charger hp bisa ga om

Apa penyambungannya sudah benar gan? Sebenarnya cara kerjanya sederhana, yakni hanya mengkorsletkan antara listrik plus dan minus dari charger smartphone yang disambungkan pada jarum suntik. Karena terjadi korsleting listrik, maka menimbulkan panas pada ujungnya.

Hmm, agan pakai charger hp apa? direkomendasikan pakai charger hp 2 amper ya.

Untuk kepala chargernya pakai kepala charger 2 amper ya,..

Min,harus Pake jarum suntik ya...?
Kalo pake jarum pentul bisa gk...?

Anam Kaerul@ Saya belum coba untuk yang jarum pentul, silakan coba aja siapa tahu bisa, tapi ingat,... Selalu hati-hati dan utamakan keselamatan ya,..

Gan maaf klo pake carger leptop bgi mna gan? Panas sdh lumayan cma mslhnya pda ujung jarum tdk berwarna merah

Kan kalo kabel usb dlam ny ada 4 warna, na yg di pakai warna apa min ya

Kalau charger laptop saya sarankan jangan, karena voltasenya terlalu besar yakni 19volt, nanti bisa terlalu panas dan bisa berbahaya. Coba pakai kepala charger hp yang 2 amper. Terimakasih (^_^)

Pakai yang warna hitam dan merah ya. Hitam itu negativ (-) sedangkan merah itu positif (+). Terimakasih (^_^)

Sy udah coba kok gak mau panas ya.pake adaptor juga gak mau panas.

Sudah pakai jarum suntik? sudah dipastikan kabel-kabelnya terhubung dengan baik?

close
-->