Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Power Bank 220v Sederhana dari Kardus

Dengan semakin banyaknya teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan kita setiap harinya terintegrasi dengan smartphone, seolah membuat smartphone tak dapat sama sekali dipisahkan dari keseharian kita. Tak heran semakin banyak saja orang yang bisa dikatakan autis smartphone dewasa ini. Tak salah memang jika memanfaatkan teknologi di smartphone dengan bijak, namun jangan sampai kita justru terjerumus ke dalam peradaban yang keliru.

membuat sendiri power bank 220v sederhana
membuat sendiri power bank 220v sederhana
(Gambar: youtube.com/watch?v=wmDbkxIVZzM)

Smartphone yang seolah sekarang memegang kunci dari perkembangan teknologi pun juga mengalami perkembangan yang pesat. Sudah tak asing lagi bukan bila setiap hari banyak bermunculan jenis smartphone baru dengan harga yang berbeda namun memiliki nama yang gak jauh-jauh beda dari satu versi dengan versi lainnya. Setiap kali smartphone tipe baru muncul, biasanya disertakan juga teknologi baru yang semakin mendukung kemudahan dalam hidup kita.


Namun ternyata satu masalah yang masih belum dapat diselesaikan dengan sempurna meskipun sudah didukung dengan teknologi yang cukup, yakni masalah daya tahan baterai. Sudah lama juga sebetulnya hadir teknologi quick charging dan penambahan kapasitas baterai guna mendukung daya hidup yang lebih lama. Ada juga update sistem software dari sistem operasi yang dibuat guna mendukung daya hidup yang lebih lama.

Dengan semua dukungan teknologi tersebut, ternyata masih belum dapat menjawab kebutuhan yang saat ini semakin meningkat saja. Tak ayal meskipun sebuah smartphone memiliki sistem operasi terbaru, twknologi quick charging dan kapasitas yang besar, faktanya tetap saja membutuhkan power bank sebagai cadangan. Nah, dengan melihat kenyataan ini, kali ini saya akan berbagi cara membuat power bank 220v Sederhana. Selain dapat digunakan untuk mengisi ulang smarphone, dapat juga digunakan untuk mengisi ulang laptop loh, wow.

Bahan dan Alat untuk Membuat Power Bank 220v Sederhana

  • Invertor DC to AC (Rangkaian akan saya tampilkan di bawah)
  • Baterai 18650
  • Modul charger baterai 18650
  • Saklar
  • Stop kontak listrik
  • Kardus
  • Lem

Tutorial Cara Membuat Power Bank 220v Sederhana



Langkah pertama untuk membuta power bank 220v ini adalah dengan cara membuat invertor dc to ac seperti ini. Rangkaian ini sangat sederhana, kamu bisa membuatnya dengan mengikuti skema di bawah ini.


Setelah invertor sudah selesai dibuat, berikutnya rangkaikan baterai dan charger baterai sesuai skema di atas seperti ini.


Berikutnya buat kotak dari kardus seperti ini dan susun komponen dalam kotak tersebut. Berikutnya pada bagian samping pasang saklar seperti ini.


Terakhir pasang stop kontak pada bagian output rangkaian tadi


Pasang bautnya agar tidak lepas.


Pada bagian atas posisikan konektor micro usb charger baterai seperti ini agar mudah saat diisi ulang.

tutorial cara membuat power bank 220v

Sudah jadi deh, sekarang tinggal nyalakan power bank dan colokkan charger hpnya.

tutorial cara membuat power bank 220v


Konsep dari power bank 220v ini sebetulnya sangat sederhana sekali, yakni mentransformasi arus listrik yang sebelumhya berjenis dc diubah menjadi ac melalui invertor mini. Untuk meningkatkan kapasitas baterainya, kamu dapat menambah baterai yang semula 4 biji menjadi kelipatan terserah selera kamu. Sekian tutorial cara membuat power bank 220v ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Power Bank 220v Sederhana dari Kardus

4 Komentar untuk "Cara Membuat Power Bank 220v Sederhana dari Kardus"

RESISTORNYA BELUM DISEBUT...HEHEHEH

Radiansyah Rafika@ Iya, Kak. Kurang lebihnya ini memang joulthief sih hehe

close
-->