Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Alat Nat Batako Semen Sederhana

Bangunan yang bagus dan nyaman tidak dibuat dengan alakadarnya begitu saja. Saat masa pembangunannya diperlukan kerja keras dari para tukang dan ketelitian dari sang perancang. Itu semua perlu dilakukan untuk mendapatkan bangunan yang berkualitas, nyaman, kuat dan tahan lama. Di zaman sekarang ini, untungnya teknologi di bidang kontruksi sudah sangat maju, bayangkan kalau belum ada mesin mixer semen, tentu untuk membuat bangunan 100 lantai bisa butuh 20 tahun.

membuat sendiri alat nat batako
membuat sendiri alat nat batako

Teknologi untuk mendukung kebutuhan dunia kontruksi semakin hari juga semakin berkembang, bukan hanya dari sisi alat kontruksinya saja seperti mesin mixer semen, tower crane, forklift, dan masih banyak lagi, tetapi juga berkembang dari sisi bahan banguanan yang digunakan. Zaman dulu untuk membuat dinding menggunakan batu bata merah yang dibuat dari tanah liat, namun kini sudah bisa menggunakan panel dinding instan atau bisa juga menggunakan bata ringan.


Sebelum era bata ringan atau banyak orang yang menyebutnya dengan habel, sudah ada dulu yang namanya bata kotak atau sering disebut juga dengan batako. Batako ini dinilai lebih hemat sekaligus lebih kuat bila dibandingkan dengan bata merah. Batako ini secara ukuran memang jauh kebih besar dari bata merah, itu lah kenapa batako dianggap lebih hemat biaya dan waktu. Nah, kali ini saya akan bagikan cara membuat alat nat batako sederhana, sok ikuti tutorialnya berikut ini.

Bahan dan Alat untuk Membuat Alat Nat Batako Semen Sederhana

  • Pipa PVC
  • Mata bor beton ukuran besar
  • Corong besar
  • Kerucut lem
  • Lem tembak
  • Grinder mini

Tutorial Cara Membuat Alat Nat Batako Semen Sederhana



Langkah pertama beri garis pada pvc menggunakan spidol seperti ini. Garis kotak ini akan menjadi tempat masuknya semen ke dalam pipa pvc.

membuat sendiri alat nat batako

Kemudian potong menggunakan mesin grinder mini.

membuat sendiri alat nat batako

Hasilnya seperti ini.

membuat sendiri alat nat batako

Berikutnya beri lubang pada bagian bawah corong menggunakan mata bor yang besar. Mata bor ini ukurannya sama dengan besar dari pipa pvc tadi.

membuat sendiri alat nat batako

Masukkan pipa dalam lubang tadi, sekaligus masukkan mata bor besar dalam pipa pvc seperti ini.

membuat sendiri alat nat batako

Lem pipa dengan corong menggunakan lem tembak, setelah itu pasang juga kerucut le pada ujung pipa seperti ini.

membuat sendiri alat nat batako

Selanjutnya tinggal dipasang pada mesin bor.

membuat sendiri alat nat batako

Masukkan adonan semen dalam corong.

membuat sendiri alat nat batako

Nyalakan bornya dan nanti otomatis adonan semen akan keluar dari pipa seperti ini, dan siap digunakan untuk mengisi nat batako.

membuat sendiri alat nat batako


Dengan cara membuat alat bat batako ini kamu bisa dengan mudah mengisi nat dari batako bangunan yang biasanya disisakan oleh tukang bangunan. Selain itu alat nat batako semen ini memang akan sangat memudahkan pekerjaan sekaligus hasilnya jug jauh lebih rapi bila dibandingkan dengan mengisi nat batako secara manual. Sekian tutorial cara membuat alat nat batako ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Alat Nat Batako Semen Sederhana

0 Komentar untuk "Cara Membuat Alat Nat Batako Semen Sederhana"

close
-->