Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat Solder Uap (Blower)

Yang paling identik dengan dunia elektro tentu saja adalah solder, bahkan di antara penggelut dunia elektro, mereka seolah meliki salam sendiri yang cukup sering diucapkan di antara mereka yaitu salam solder. Solder sendiri banyak jenis dan medelnya. Mulai dari solder biasa, solder uap sampai solder dari USB 5v. Namundari kesemuanya memiliki fungsi yang sama yaitu melelehkan tenol yang berguna untuk melekatkan antar komponen elektronik.


Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Cara Membuat Solder Uap (Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Salah satu hobi penggelut elektro adalah suka dengan bongkar-bongkar perangkat elektronik. Niatnya sih ingin menyervisnya sendiri, tapi yang ada bukannya bener malahan tambah hancur wkwk. Nah, kalau kamu juga merupakan orang yang memilki hobi yang sama, Tutorial kali akan cocok buat kamu, terutama kalau kamu hobi banget bongkar smartphone, hp, laptop, atau tablet yang tentunya butuh dengan solder uap atau blower. Yah, kali ini saya akan berbagi Tutorial Cara Membuat Solder Uap Blower.

Bahan dan Alat untuk Membuat Solder Uap Blower

  • Solder biasa yang masih berfungsi normal
  • Selang infus, bisa juga pakai selang kecil biasa
  • Antena radio kecil
  • Alumunium foil
  • Kabel serabut

Tutorial Cara Membuat Solder Uap Blower

Pada tahap pertama ini, yang akan kita lakukan adalah membongkar solder biasa yang masih berfungsi normal ini. Lepas mata soldernya dan copot elemen panasnya dari gagang soldernya.
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Setelah elemen lepas dari gagang soldernya, lepas juga kebel yang menghubungkan anatara elemen dan colokan.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Tahap selanjutnya adalah memeberi lupang pada gagang solder menggunakan bor. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat kabel yang semula di ujung gagang, karena ujung gagangnya nanti akan digunakan untuk memesang selang.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Siapkan selang infus atau bisa juga menggunakan selang kecil biasa yang banyak dijual di toko bangunan. Selang ini nantinya akan disambungkan pada blower mini yang berfungsi meniupkan udara ke ujung solder uap ini.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Pasang pada ujung gagang solder sehingga akan seperti gambar di bawah ini. Membuat Sendiri Solder Uap Blower

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Siapkan alaumuniam foil lalu lilitkan atau bingkus pada elemen panas solder yang memiliki berlubang-lubang. Fungsi dari alumunium foil ini adalah menutup lubang pada elelmen panas sehingga uadara yang ditiupkan dari selang tidak terbuang.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Agar alumunium foil dapat melekat dengan kuat, lilitkan isi kabel serabut sepanjang alumunium foil seperti gambar di bawah ini.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Siapkan besi antena radio kecil atau antena remot kontrol mainan lalu pasang pada tempat mata solder. Besi antena yang berlubang ini akan meniupkan secara fokus udara panas yang berasal dari solder uap ini.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Pasang ujung selang satunya pada Blower Mini yang akan meniupkan udara ke solder.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Dlam uji coba ini, panas yang dihasilkan oleh Solder Uap buatan sendiri ini mencapai 0293 derajat.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Uji coba melepas IC pada motherboard komponen elektronik.

Membuat Sendiri Solder Uap Blower
(Blower) (Gambar: youtube.com/watch?v=8kCzMHbGrW0)

Solder Uap atau sering disebut dengan blower ini lebih dari cukup untuk melakukan belajar melepas dan memasang IC atau komponen elektro lainnya pasa mother board Hp, Laptop dan lainnya yang biasanya berukuran sangat kecil dan memang hanya bisa dilepas atau dipasang menggunakan Solder Uap. Sekian Tutorial Cara Membuat Solder Uap Blower, semoga bermanfaat, terimakasih.

Related : Cara Membuat Solder Uap (Blower)

6 Komentar untuk "Cara Membuat Solder Uap (Blower)"

Gan.. pompanya dari apa itu ya ato bekasnya apa gitu..

Ilmu yg sangat berguna dan bermanfaat...

Itu menggunakan pompa blower mini, banyak kok sekarang yang jual. Coba cari aja di toko online, namanya :mini electric air blower" atau "pompa uadara listrik mini"

close
-->