Berbagi tutorial cara membuat dan daur ulang

Cara Membuat USB Jig Download Mode Samsung Sendiri

Beberapa lalu salah seorang pengunjung blog ini request mengenai cara membuat usb jig download mode samsung pada artikel membuat usb OTG dari USB biasa. Setelah mengetahui komen tersebut, dengan senang hati saya mencari referensi mengenai usb jig tersebut dan menulis tutorial cara membuatnya berikut ini. Jujur, sebetulnya saya kurang tahu dengan usb jig ini sendiri, karena saya kurang terarik dengan dunia oprek hp hehe. Bagi saya yang penting hp kamera bagus dan ada kuotanya 😆, sehingga dapat memenuhi kebutuhan saya hhihi.

usb jig untuk semua android
usb jig untuk semua android
(Gambar: youtube.com/watch?v=a4E_6Wc8XiE)

Sedikit mengenai USB jig, USB JIG berfungsi untuk memaksa hape (Android) masuk ke dalam modus download (bila dalam posisi semi brick), menghilangkan tanda segitiga kuning (yellow triangle) saat booting akibat flash custom ROM/kernel, serta normalisasi custom binary. Yah begitulah kira-kira yang saya dapat dari deskripsi dari salah satu pelapak di toko daring hihihi. Jujur saya gak ngerti masalah beginian. Kalau masalah membuat spray gun dari botol bekas, nah itu baru saya ngerti 😆.


Oke kita langsung ke poin dari artikel kali ini, yakni cara membuat USB jig download mode samsung sendiri ini. Oh ya, usb yang akan kita pakai ini jenisnya micro usb yang memiliki 5 pin, jadi mungkin berbeda dengan cara membuat usb jig dengan 4 pin. Sebetulnya kalau kamu mau cara praktis, kamu bisa langsung membeli usb jig di toko daring langganan kamu. Harga USB jig ini tentu juga beragam, tergantung kualitasnya.

Selain itu usb jig yang banyak dijual itu juga merupakan usb jig untuk semua android, sedangkan yang akan saya bahas kali ini adalah untuk samsung saja. Saya sendiri gak tahu apakah bisa untuk semua anadroid atau hanya samsung saja, silakan coba (dan tanggung akibatnya) sendiri 😛. Baiklah langsung saja ikuti tutorial cara membuat USB jig download mode samsung sendiri berikut ini.

Bahan dan Alat untuk Membuat USB Jig Download Mode Samsung Sendiri

  • Kabel Micro USB
  • Resistor 300K
  • Solder

Tutorial Cara Membuat USB Jig Download Mode Samsung Sendiri



Langkah pertama untuk membuat Usb jig android samsung ini adalah siapkan terlebih dulu konenktor micro usb yang bisa kamu dapat dari kabel usb charger kamu yang lama. Ambil bagian konektor micro usbnya saja dan pastikan bagiana kaki pinnya juga terlihat agar mudah disolder nantinya.

Perhatikan skema di bawah ini, solder kaki resistor pada pin nomor 5 GND dan pin nomor 4 ID atau bisa juga pin nomor 4 ini disebut pin sense. Sedangkan lainnya biarkan kosong saja.

usb jig untuk semua android

Solder dengan hati-hati agar tidak terjadi korsleting.

usb jig untuk semua android

Setelah tersolder dengan bagus, sekarang coba colokkan pada smartphone android samsung yang terkena semi brick. Kemudian nyalakan dan tunggu hingga menyala.

usb jig untuk semua android

Setelah menyala akan muncuk tanpilan seperti gambar di bawah ini. Ini berarti smartphone yang terkena semi brick sukses dipaksa masuk ke download mode menggunakan usb jig ini.

usb jig untuk semua android


Seperti yang telah saya katakan di atas, saya sebetulnya tidak begitu mengerti bahkan tidak mengerti sama sekali mengenai usb jig seperti ini, karena saya tidak begitu hobi dengan oprek smartphone. Saya sendiri jauh lebih tertarik dan hobi dengan dunia do it your self atau dunia cara membuat sendiri, itu lah kenapa saya buat blog ini agar saya dapat berbagai pada dunia tentang kesukaan saya dan berharap dapat bermanfaat hehehe 😇. Sekian tutorial cara membuat usb jig download mode samsung ini, semoga bermanfaat, terimkasih.

Related : Cara Membuat USB Jig Download Mode Samsung Sendiri

0 Komentar untuk "Cara Membuat USB Jig Download Mode Samsung Sendiri"

close
-->